oleh

Pemkab Magelang Terima Penghargaan Karna Terapkan Kampung Iklim

Penghargaan Pembina Kampung Iklim (Proklim) Daerah tingkat nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan Direktorat Jendral Pengendalian Pergantian Iklim diberikan kepada Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 

Penghargaan dikasihkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup serta Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, dalam acara Hari Tindakan Pengendalian Pergantian Iklim (HAPPI) 2018, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Rabu (24/10/2018).

 

Penghargaan ini dikasihkan pada pemerintah daerah serta penduduk ditempat yang bertindak aktif lakukan upaya-upaya pengendalian iklim. Bupati Magelang, Zaenal Arifin mengemukakan terima kasih atas penghargaan itu. Hal tersebut tidak terlepas dari usaha keras jajarannya di Dinas Lingkungan Hidup serta penduduk dalam usaha pengendalian iklim.

 

Baca juga : Ridwan Kamil Bakal Ubah Pantai Pangandaran Sekelas Hawaii

Ada dua desa di Kabupaten Magelang yang jadikan percontohan aplikasi program Kampung Iklim, yaitu Desa Wonogiri, Kecamatan Kajoran serta Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan. “Kami begitu mengapresiasi ikut serta penduduk, yang aktif turut mensukseskan program menangani pemanasan global. Mudah-mudahan berikan motivasi desa-desa yang lain untuk ikut juga lakukan pergerakan yang sama,” jelas Zaenal, dalam info wartawan, Rabu siang.

 

HAPPI mempunyai tujuan untuk menggerakkan penduduk agar aktif perduli dalam pengendalian pergantian iklim lewat tindakan mitigasi serta penyesuaian pergantian iklim. Direktorat Jendral Pengendalian Pergantian Iklim KLHK, Ruandha Agung Sugardiman menuturkan, pekerjaan ini adalah komunitas multi pihak serta multi bidang untuk membahas perubahan paling akhir dari suport skema serta program-program lainnya, termasuk juga permodalan, tehnologi, serta penambahan kemampuan berkaitan pergantian iklim.

 

“Kami menggerakkan beberapa pihak untuk berperan dalam pengurangan emisi GRK, tingkatkan kemampuan penyesuaian dalam melawan musibah berkaitan iklim di Indonesia” tutur Agung.

 

Dalam HAPPI 2018, Menteri Lingkungan Hidup serta Kehutanan menyerahkan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) pada 33 tempat di Indonesia. Penghargaan ikut dikasihkan pada 10 Pemerintah Daerah Propinsi serta 41 Kabupaten serta Kota di Indonesia. “Pemerintah daerah yang dikasih penghargaan itu sudah keluarkan kebijaksanaan serta ketentuan di tahun 2018 untuk memberi dukungan penerapan Proklim di wilayahnya,” jelas Agung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *