oleh

Sarung Tenun Pemalang Yang Sudah Mendunia

Sarung tenun home industri pemalang yang sudah diekspor diseluruh dunia, Terutama wilayah timur tengah. Kain tenun selalu sendiri identik dengan produk budaya nusa tenggara. Di indonesia sejatinya kain tenun bisa banyak menghasilkan produk. Salah satunya kota pemalang jawa tengah yang terkenal dengan produk kain tenunnya.

Cara pembuatan sarung tenun pemalang cukup unik, Tidak menggunakan mesin melainkan mengunakan ATBM. Maksud ATBM yaitu untuk menjaga kwalitas sarung. Pengrajindan jenis sarung tenun pemalang cukup banyak sekali, Jenisnya mulai dari Sarung tenun ikat, Sarung tenun goyor dan sarung tenun gumpal.

Sarung tenun Pemalang yang sudah mendunia

Pembuatan sarung goyor ATBM.

Sarung Tenun Pemalang

Sarung goyor terkenal  dengan sebutan sarung toldem terbuat dari bahan benang rayon jika dipakai terasa nyaman dan adem. Sekitar tahun 80an sarung goyor berkembang didaerah beji dan wanarejan kota pemalang.

Proses pembuatan pertama harus memilih benang, Selanjutnya benang yang dipilih akan dicelup dengan warna putih. Dimaksudkan agar pewarna dapat menghasilkan warna yang bagus karena warna asli benang adalah putih tulang. Benang selanjutnya dijemur dikenteng, Kalau sudah berwarna putih benang digulung dengan alat yang disebut bomb.

Baca Juga: FITUR HP XIAOMI KEREN YANG SEMAKIN DIKAGUMI

Benang yang dipilih akan dibuat dasar dan benang akan dibuat motif, Benang yang akan dijadikan motif prosesnya sangat panjang dibandingkan benang yang dijadikan dasar.

Seperti sudah diketahui diatas bahwa warna lain bergantung pemilihan warna dasar. Benang yang mau dijadikan motif dibentangkan pada kayu berbentuk segi empat dengan ukuran 1X1 m.Proses itu disebut baki. Selanjutnya benang diikat dengan tali raffia plastik, Proses pengikatan tali-tali ini sesuai gambar yang dibubuhkan pada kain yang akan diwarnai.

Kamu bisa menemukan sarung goyor dengan mudah. Ada dua jenis pembelian sarung tenun dipemalang kodian dan satuan, Biasanya kalau beli kodian dapet harga murah, Satu kodi sekitar harga Rp. 1,8juta sedangkan harga satuan berkisar 200 ribu, Biasanya kalau beli kodian untuk dijual lagi dengan metode onlinshop. Pemalang pun sudah banyak penjual sarung tenun tersebar di platfrom terkemuka di indonesia dengan harga yang bersaing.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 comments

  1. Hi would you mind letting me know which hosting company
    you’re using? I’ve loaded your blog in 3 completely different web browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most.
    Can you recommend a good internet hosting provider at a fair price?
    Many thanks, I appreciate it!