oleh

Pemprov Jawa barat Buka 500 Lowongan CPNS, Mantaaabb

Berita senang buat pencari kerja yang tertarik jadi aparatur sipil negara (ASN) atau PNS di lingkungan Pemprov Jawa barat. Tahun ini, Pemprov Jawa barat buka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa barat Iwa Karniwa mengatakan, Pemprov Jawa barat mempersiapkan sekitar 500 lowongan CPNS untuk diletakkan di beberapa bagian.

“Kita telah ada konstruksi untuk pemprov, yang di setujui sekitar 500 (lowongan CPNS),” papar Iwa selesai Shalat Idul Adha 1439 Hijriah di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (22/8/2018).

Iwa mengajak masyarakat Jawa barat terutamanya yang tertarik jadi ASN untuk ikutĀ  bersaing dalam proses seleksi CPNS Pemprov Jawa barat.

“Jika ada yang tertarik, silahkan saja (mendaftarkan), Nanti ada di web Kementerian PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi),” ajak Iwa.

Iwa memberikan keyakinan, proses seleksi CPNS itu akan dikerjakan dengan transparan serta terbuka. Lebih, hasil seleksi kesempatan ini langsung bisa di ketahui pendaftar di hari pelaksanaan seleksi.

“Tes itu memakai satu skema ketika tes tercatat, waktu itu juga di ketahui nilainya, hingga peluang ada perihal yang tidak diharapkan, dapat dijauhi,” katanya.

Iwa juga pastikan, konstruksi lowongan CPNS Pemprov Jawa barat akan mulai di buka Agustus 2018 ini. Pihaknya sekarang tinggal menanti arahan dari Kementerian PAN-RB untuk pelaksanaam seleksi itu.

“Insya Allah Agustus karena formasinya sudah ada, tinggal proses eksekusi saja. Jadi, kami telah mempersiapkan, tinggal menanti arahan Kementerian PAN-RB saja,” tuturnya.

Disinggung masalah konstruksi CPNS yang tersedia banyak, Iwa menyampaikan, Pemprov Jawa barat sekarang memerlukan pegawai di bagian-bagian yang lebih tehnis.

“Jika bagian tehnis administrasi cukup sudah banyak, tetapi bagian-bagian yang lebih tehnis memang diperlukan, seperti tenaga medis serta guru yang (tingkat) pensiunnya cukuplah banyak. Tetapi lebih detailnya, kelak dapat disaksikan di situs PAN-RB,” jelasnya.

Baca juga :
Karnaval Batik Meriahkan Pesta Rakyat HUT Jateng di Pemalang, Wooww

 

Iwa juga menyampaikan, walau Kementerian PAN-RB sekarang di pimpin figur baru, pihaknya meyakini hal tersebut akan tidak merubah pelaksanaan seleksi CPNS, termasuk juga di Jawa barat.

“Cuma mungkin saja Pak Menteri baru (Syafruddin) mesti ada koalisi organisasi. Dimana juga jika ada petinggi baru kan koalisi serta sesudahnya ada percepatan, termasuk proses penerimaan CPNS,” tutur Iwa memberikan keyakinan.

Iwa memberikan, keperluan sdm (SDM) di lingkungan Pemprov Jawa barat, termasuk juga di dalamnya tenaga pendidik untuk tahap pendidikan SLTA lumayan besar karena jumlahnya PNS yang pensiun di Jawa barat cukuplah banyak tiap-tiap tahunnya.

“Setiap tahun, (PNS) yang pensiun banyaknya 2.000-3.000 orang, termasuk juga guru ya, tetapi penerimaan tambah lebih kecil. Menjadi bukan zero grow lagi, tetapi menyusut,” katanya.

Walau demikian, Iwa menilainya lumrah kurangnya penerimaan CPNS itu. Tidak hanya untuk kurangi beban biaya berbelanja pegawai, hal tersebut juga terkait dengan penambahan kualitas beberapa ASN, terutamanya di lingkungan Pemprov Jawa barat.

“Hingga, walau menyusut, tupoksi kapasitasnya semakin lebih tinggi, menjadi kualitas yang akan kita naikkan. Contohnya dahulu dia kerjakan lima surat, kelak mah menjadi 10 surat,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed