oleh

Kisah Jack Ma Mencapai Kesuksesan, Ketabahan dan Tidak Putus Asa Kuncinya

Kisah Jack Ma dalam mencapai kesuksesan bersama dengan Alibaba memang inspiratif. Dapat disebut ia tidak miliki modal, keluarganya miskin serta Ma seringkali alami kegagalan menyedihkan di hidupnya.

“Ada ujian buat anak muda untuk masuk ke kampus. Saya tidak berhasil 3x. Saya memang banyak tidak berhasil. Saya mendaftarkan 30 pekerjaan serta tidak diterima semua. Saya sempat melamar menjadi polisi serta disebut kamu kurang bagus,” kata pria yang akan menghadiri penutupan Asian Games hari Minggu yang akan datang, saat interview dengan Bloomberg yang diambil detikINET.

“Saya bahkan juga melamar ke KFC saat mereka buka di kotaku. Ada 24 orang yang melamar pekerjaan disana. 23 orang di terima. Akulah hanya satu yang tidak berhasil,” lebih Jack Ma bercerita keakrabannya dengan kegagalan.

Jack Ma yang berkemauan membangun usaha akan memutus membuat perusahaan penerjemahan bhs, tetapi akhirnya kurang memuaskan. Satu kali, dia sudah sempat diutus satu perusahan China untuk menagih utang dari seorang di Amerika Serikat, tetapi tidak berhasil serta justru diancam dengan senjata api.

Ma sempat juga mengakui lemah di bagian akademis, terutamanya matematika. Masalah manajemen juga tidak dikuasainya dengan baik.

“Saya tidak pintar Matematika, saya belum pernah belajar manajemen serta masih tetap gagap membaca laporan akuntansi,” kata Jack Ma mengaku kelemahannya.

Akan tetapi, kegagalan untuk kegagalan yang dia alami tidak membuatnya menyerah demikian saja. Ketabahan itu yang memperkuat Jack Ma waktu membangun website e-commerce Alibaba pada 1999. Sebelumnya, Ma seringkali terima kata ‘tidak’, pada tiap-tiap perusahaan yang didatanginya waktu mengenalkan Alibaba.

“Saya ingat di 2001, kami berupaya memperoleh USD 5 juta dari pemodal di Amerika Serikat serta tidak diterima,” kenang Ma.

Mungkin pemodal itu sekarang ini menyesali ketetapan mereka. Karena Alibaba sekarang ialah salah satunya perusahaan paling besar didunia serta Jack Ma juga kaya raya karena itu.

Baca juga : Ganda Putra Bulu tangkis Asian Games 2018 Gores Sejarah, Tunggal Putra Bikin Geleng-geleng

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment